Ads - After Header

Penyebab dan Solusi Motor Matic Tidak Bisa Distarter Elektrik

Indra Yoga Mochamad

Motor matic adalah jenis motor yang banyak digemari karena praktis dan mudah digunakan. Namun, tidak jarang pengguna motor matic mengalami masalah saat ingin menyalakan mesin dengan menggunakan starter elektrik. Apa saja penyebab dan solusi motor matic tidak bisa distarter elektrik? Simak ulasan berikut ini.

Penyebab Motor Matic Tidak Bisa Distarter Elektrik

Ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan motor matic tidak bisa distarter elektrik, antara lain:

  • Aki lemah atau habis. Aki adalah komponen yang menyimpan arus listrik untuk menghidupkan mesin. Jika aki lemah atau habis, maka arus listrik tidak akan mencukupi untuk menggerakkan dinamo starter. Aki bisa lemah atau habis karena usia, pemakaian, atau perawatan yang kurang baik.
  • Kabel atau soket rusak. Kabel dan soket adalah bagian dari sistem kelistrikan yang menghubungkan aki, saklar, dan dinamo starter. Jika ada kabel atau soket yang putus, konslet, atau longgar, maka arus listrik tidak akan mengalir dengan lancar. Kabel atau soket bisa rusak karena pemasangan yang salah, gigitan tikus, atau faktor cuaca.
  • Saklar starter kotor atau rusak. Saklar starter adalah tombol yang ditekan untuk mengaktifkan dinamo starter. Jika saklar starter kotor, maka kontaknya bisa terganggu dan tidak merespon saat ditekan. Jika saklar starter rusak, maka kontaknya bisa putus dan tidak mengirim sinyal ke dinamo starter. Saklar starter bisa kotor atau rusak karena debu, air, atau benturan.
  • Dinamo starter lemah atau rusak. Dinamo starter adalah komponen yang berfungsi untuk memutar gigi flywheel yang menggerakkan mesin. Jika dinamo starter lemah, maka putarannya tidak akan kuat dan mesin tidak akan hidup. Jika dinamo starter rusak, maka putarannya tidak akan berfungsi sama sekali. Dinamo starter bisa lemah atau rusak karena usia, pemakaian, atau kotoran.
  • Busi lemah atau rusak. Busi adalah komponen yang menghasilkan percikan api untuk membakar bahan bakar di dalam ruang bakar. Jika busi lemah, maka percikan api yang dihasilkan tidak akan optimal dan mesin tidak akan hidup. Jika busi rusak, maka percikan api yang dihasilkan tidak akan ada dan mesin tidak akan hidup. Busi bisa lemah atau rusak karena usia, pemakaian, atau kotoran.
BACA JUGA  Kelebihan Mobil Listrik

Solusi Motor Matic Tidak Bisa Distarter Elektrik

Untuk mengatasi masalah motor matic tidak bisa distarter elektrik, ada beberapa langkah yang bisa dilakukan, antara lain:

  • Mengecek dan mengganti aki. Aki yang lemah atau habis bisa dicek dengan menggunakan alat ukur voltase atau dengan melihat indikatornya. Jika aki masih bisa diisi ulang, maka bisa dilakukan dengan menggunakan charger aki. Jika aki sudah tidak bisa diisi ulang atau sudah habis masa pakainya, maka harus diganti dengan yang baru.
  • Mengecek dan memperbaiki kabel atau soket. Kabel atau soket yang rusak bisa dicek dengan menggunakan alat ukur kelistrikan atau dengan melihat kondisinya secara visual. Jika ada kabel atau soket yang putus, konslet, atau longgar, maka harus disambung, dibersihkan, atau dikencangkan kembali. Jika ada kabel atau soket yang sudah tidak bisa diperbaiki, maka harus diganti dengan yang baru.
  • Mengecek dan membersihkan saklar starter. Saklar starter yang kotor bisa dicek dengan melihat kondisinya secara visual. Jika ada debu, air, atau kotoran lain yang menempel, maka harus dibersihkan dengan menggunakan cairan pembersih atau kain lap. Jika saklar starter rusak, maka harus diganti dengan yang baru.
  • Mengecek dan memperbaiki dinamo starter. Dinamo starter yang lemah atau rusak bisa dicek dengan menggunakan alat ukur kelistrikan atau dengan mendengarkan suaranya. Jika dinamo starter lemah, maka bisa dicoba untuk mengetuknya secara ringan atau membersihkannya dari kotoran. Jika dinamo starter rusak, maka harus diganti dengan yang baru.
  • Mengecek dan mengganti busi. Busi yang lemah atau rusak bisa dicek dengan menggunakan alat ukur kelistrikan atau dengan melihat percikan apinya. Jika busi lemah, maka bisa dicoba untuk membersihkannya dari kotoran atau mengatur celahnya. Jika busi rusak, maka harus diganti dengan yang baru.
BACA JUGA  Suzuki Motor Oil 0W-20: Keandalan dan Performa Optimal

Also Read

Bagikan:

Avatar photo

Indra Yoga Mochamad

Indra Yoga Mochamad adalah seorang otomotif entusias. Dalam blognya, Indra berbagi pengetahuan mendalam tentang perawatan dan perbaikan kendaraan roda empat maupun roda dua. Ia memberikan tips tentang bagaimana merawat mesin, memilih suku cadang yang tepat, dan melakukan perawatan berkala untuk menjaga performa sepeda kendaraa tetap optimal. Rizky juga menyediakan panduan langkah-demi-langkah untuk perbaikan sederhana yang dapat dilakukan oleh pemilik sepeda kendaraan. Dengan penekanan pada keahlian teknis, Rizky bertujuan untuk membantu pembaca menjadi lebih mandiri dalam merawat sepeda kendaraan mereka sendiri.

Tags

Leave a Comment

Ads - Before Footer