Ads - After Header

Mengapa Motor Anda Berbunyi Saat Dinyalakan?

Tri Agus Prasetyo

Ketika motor Anda berbunyi saat dinyalakan, itu bisa menjadi tanda adanya beberapa masalah. Berikut adalah beberapa penyebab umum dan cara mengatasinya.

1. Kopling atau Sistem Otomatis Aus

Jika motor Anda mengeluarkan suara ‘srek..srek’ lalu diikuti bunyi ‘duk’, ini bisa menandakan bahwa kopling atau sistem otomatis motor Anda aus.

2. Setelan Katup Renggang

Suara ‘tek..tek’ dari motor Anda menandakan bahwa setelan katup mungkin renggang. Suara ini biasanya akan semakin keras saat Anda memutar gas lebih tinggi.

3. Gesekan Antara Kampas Rem dan Piringan Cakram

Bunyi rem motor bisa disebabkan oleh gesekan antara kampas rem dan cakram. Jika kampas rem sudah terlalu tipis atau cakram terlalu aus, sebaiknya diganti.

4. Debu dan Kotoran

Debu dan kotoran di antara kampas rem dan cakram rem dapat menyebabkan gesekan yang tidak lancar dan menimbulkan bunyi.

5. Kampas Rem Kering atau Basah

Kampas rem yang terlalu kering atau basah dapat menghasilkan bunyi yang tidak diinginkan saat motor dinyalakan.

6. Kampas Rem Aus atau Menipis

Kampas rem yang aus atau menipis akan membuat gesekan menjadi lebih kasar dan menimbulkan bunyi.

7. Cakram Rem Berlubang atau Retak

Cakram rem yang berlubang atau retak akan menyebabkan gesekan yang tidak konsisten dan menghasilkan bunyi saat Anda mengerem.

BACA JUGA  Motor Yamaha 500: Semua yang Perlu Anda Ketahui

8. Silinder Master Rem Bocor

Bila silinder master rem bocor, tekanan cairan rem dalam sistem pengereman menjadi tidak konsisten, yang bisa menyebabkan bunyi.

9. Masalah pada CVT

Pada motor matic, bunyi ‘tek-tek’ bisa disebabkan oleh masalah pada sistem kopling dan Continuously Variable Transmission (CVT).

10. Perawatan Rutin

Melakukan perawatan rutin pada mesin motor dan memperhatikan stater, busi, karburator, dan timing adalah kunci untuk menghindari bunyi yang tidak diinginkan saat motor dinyalakan.

Dengan memahami penyebab-penyebab di atas, Anda bisa lebih waspada dan segera mengambil tindakan perbaikan yang tepat untuk motor Anda. Jangan tunda membawa motor Anda ke bengkel jika Anda mendeteksi suara yang tidak biasa, karena hal ini bisa menjadi tanda awal dari kerusakan yang lebih serius. Selalu ingat, perawatan preventif adalah lebih baik daripada perbaikan yang mahal.

Also Read

Bagikan:

Avatar photo

Tri Agus Prasetyo

Tri Agus Prasetyo adalah seorang pehobi sepeda dan pecinta dunia otomotif yang memiliki perpaduan gaya unik. Melalui blognya, Tri berbagi inspirasi tentang gaya bersepdeda yang cocok untuk dikombinasikan dengan sepeda motor. Ia memberikan tips tentang cara tampil trendi dan tetap nyaman saat berkendara. Tri juga suka berbagi informasi tentang aksesori sepeda motor yang modis dan fungsional. Dengan kombinasi antara gaya dan kepraktisan, bahwa Triingin membantu pembaca mengekspresikan diri melalui gaya berkendara mereka.

Tags

Leave a Comment

Ads - Before Footer