Ads - After Header

Kapasitas dan Rekomendasi Oli Mesin untuk Honda Brio Satya

Indra Yoga Mochamad

Honda Brio Satya adalah salah satu model mobil yang termasuk dalam kategori Low Cost Green Car (LCGC) yang memiliki harga jual lebih terjangkau dibandingkan Honda Brio RS. Mobil ini menggunakan mesin dengan kapasitas 1.200 cc yang memiliki spesifikasi teknis yang serupa dengan Honda Brio RS. Oleh karena itu, perawatan berkala antara kedua model ini juga mirip, termasuk dalam hal memilih oli mesin yang sesuai.

Berapa Liter Oli Mesin Honda Brio Satya?

Menurut buku manual Honda Brio, penggantian oli mesin perlu dilakukan maksimal setiap enam bulan sekali atau 10.000 km tergantung mana yang dicapai lebih dahulu. Namun, jika mobil lebih sering terkena macet atau kerap melakukan perjalanan jarak jauh, sebaiknya ganti oli dilakukan dengan interval waktu yang lebih dekat.

Untuk kapasitas oli mesin Honda Brio Satya, mobil ini memiliki kebutuhan oli mesin sebanyak 3,5 liter. Namun, jika penggantian oli mesin disertai dengan penggantian filter oli, maka pelumas yang dibutuhkan kira-kira 3,8 liter.

Oli Mesin yang Cocok untuk Honda Brio Satya

Seperti mayoritas mobil keluaran baru, Honda Brio Satya memiliki mesin yang sudah modern yang memiliki celah yang rapat di dalamnya. Sehingga, mobil ini membutuhkan pelumas yang encer agar bisa memberikan pelumasan dengan baik. Hal ini dibuktikan dengan spesifikasi oli mesin Honda Brio Satya itu sendiri. Pelumas yang direkomendasikan adalah oli mesin dengan viskositas SAE 0W-20 atau 5W-30.

Beberapa merek oli mesin yang bisa digunakan untuk Honda Brio Satya adalah sebagai berikut:

  • Honda Automobile Oil E-Pro Gold 0W-20. Produk ini merupakan oli mesin yang dipasarkan oleh PT Honda Prospect Motor (HPM) yang merupakan jenis full synthetic. Harga oli mesin ini sekitar Rp425.000 per 4 liter.
  • Top 1 SMO HP Sport 0W-20. Produk ini merupakan oli mesin yang diproduksi oleh PT Top 1 Oil Indonesia yang juga merupakan jenis full synthetic. Harga oli mesin ini sekitar Rp381.150 per 3,5 liter.
  • Shell Helix Eco 0W-20. Produk ini merupakan oli mesin yang diproduksi oleh PT Shell Indonesia yang juga merupakan jenis full synthetic. Harga oli mesin ini sekitar Rp350.000 per 3,5 liter.
  • Shell Helix Eco 5W-30. Produk ini merupakan oli mesin yang diproduksi oleh PT Shell Indonesia yang merupakan jenis semi synthetic. Harga oli mesin ini sekitar Rp250.000 per 3,5 liter.
  • Total Quartz Future 8000 GF-5 0W-20. Produk ini merupakan oli mesin yang diproduksi oleh PT Total Oil Indonesia yang juga merupakan jenis full synthetic. Harga oli mesin ini sekitar Rp400.000 per 4 liter.
BACA JUGA  Honda HR-V 1.5 L: SUV Canggih dengan Performa dan Efisiensi Tinggi

Also Read

Bagikan:

Avatar photo

Indra Yoga Mochamad

Indra Yoga Mochamad adalah seorang otomotif entusias. Dalam blognya, Indra berbagi pengetahuan mendalam tentang perawatan dan perbaikan kendaraan roda empat maupun roda dua. Ia memberikan tips tentang bagaimana merawat mesin, memilih suku cadang yang tepat, dan melakukan perawatan berkala untuk menjaga performa sepeda kendaraa tetap optimal. Rizky juga menyediakan panduan langkah-demi-langkah untuk perbaikan sederhana yang dapat dilakukan oleh pemilik sepeda kendaraan. Dengan penekanan pada keahlian teknis, Rizky bertujuan untuk membantu pembaca menjadi lebih mandiri dalam merawat sepeda kendaraan mereka sendiri.

Tags

Leave a Comment

Ads - Before Footer