Ads - After Header

Honda Forza 250 Facelift Resmi Meluncur di Indonesia, Apa Saja Keunggulannya?

Indra Yoga Mochamad

Honda Forza 250 merupakan salah satu skutik besar premium yang cukup populer di Indonesia. Motor ini menawarkan desain elegan, fitur canggih, dan performa tangguh. Pada Juni 2023, PT Astra Honda Motor (AHM) resmi meluncurkan versi facelift dari Honda Forza 250 dengan sejumlah ubahan yang membuatnya semakin mewah dan menarik. Berikut adalah ulasan singkat dan informatif tentang Honda Forza 250 facelift, beserta informasi tambahan relevan yang perlu Anda ketahui.

Desain dan Fitur

Honda Forza 250 facelift mengalami perubahan signifikan di bagian depan, dengan lampu utama (headlamp) yang kini terpisah menjadi dua, memberikan kesan lebih modern dan sporty. Lampu belakang (stoplamp) juga mendapat desain baru yang lebih atraktif. Seluruh penerangan sudah menggunakan teknologi LED yang hemat energi dan terang. Bagian samping dan buritan juga mengalami revisi, dengan garis desain yang lebih ramping dan sederhana.

Panel instrumen Honda Forza 250 facelift juga mendapat penyegaran, dengan kombinasi layar digital dan analog yang semakin modern dan mewah. Layar digital ini menampilkan informasi penting seperti kecepatan, putaran mesin, bahan bakar, odometer, jam, suhu, dan indikator fitur. Salah satu fitur unggulan yang masih dipertahankan adalah Honda Selectable Torque Control (HSTC) atau kontrol traksi, yang dapat mengatur torsi roda belakang agar tidak selip saat berkendara di jalan licin.

Fitur lain yang membuat Honda Forza 250 facelift semakin canggih dan nyaman adalah pengaturan elektrik untuk komponen windscreen, yang dapat disesuaikan dengan ketinggian pengendara. Selain itu, ada juga Emergency Stop Signal (ESS), yang akan membuat lampu hazard menyala secara otomatis saat pengereman mendadak, USB Charger tipe C, pengereman ABS 2-channel, ACG Starter, Honda Smart Key, Answer Back System, hingga ruang bagasi yang luas mampu menyimpan dua buah helm.

BACA JUGA  Suzuki 6 KS Motor: Inovasi Terbaru di Dunia Otomotif

Mesin dan Performa

Honda Forza 250 facelift tidak mengalami perubahan di sektor mesin, masih mengandalkan mesin 250 cc, SOHC, eSP+ (enhanced Smart Power+), pendingin cairan, dan pengabut injeksi. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga maksimal 17 kW atau 22,7 Hp pada 7.750 rpm dan torsi puncak 24 Nm pada 6.250 rpm. Mesin ini diklaim memiliki efisiensi bahan bakar yang tinggi, serta emisi gas buang yang rendah.

Honda Forza 250 facelift juga masih menggunakan ban tubeless ukuran 120/70 dengan ring 15 untuk ban depan dan 140/70 dengan ring 14 untuk ban belakang. Ban ini memberikan stabilitas dan kenyamanan saat berkendara, baik di jalan lurus maupun bermanuver. Suspensi depan menggunakan teleskopik, sedangkan suspensi belakang menggunakan swing arm dengan dua shockbreaker. Rem depan dan belakang menggunakan cakram, yang dilengkapi dengan sistem ABS untuk mencegah roda terkunci saat pengereman.

Harga dan Pesaing

Honda Forza 250 facelift dijual dengan harga Rp90.330.000 on the road (OTR) Jakarta. Harga ini sama dengan versi sebelumnya, sehingga tidak ada kenaikan. Honda Forza 250 facelift tersedia dalam dua pilihan warna, yaitu Matte Gunpowder Black Metallic dan Pearl Horizon White.

Honda Forza 250 facelift memiliki pesaing utama dari Yamaha, yaitu Yamaha Xmax Connected, yang juga merupakan skutik besar premium dengan fitur canggih. Yamaha Xmax Connected diluncurkan pada Mei 2023, dengan harga Rp82.900.000 OTR Jakarta. Yamaha Xmax Connected memiliki keunggulan di sektor konektivitas, dengan aplikasi Yamaha Motorcycle Connect X yang dapat menghubungkan motor dengan smartphone pengendara.

Kesimpulan

Honda Forza 250 facelift merupakan skutik besar premium yang menawarkan desain elegan, fitur canggih, dan performa tangguh. Motor ini mengalami sejumlah ubahan yang membuatnya semakin mewah dan menarik, seperti lampu utama terpisah, panel instrumen baru, dan pengaturan elektrik untuk windscreen. Honda Forza 250 facelift dijual dengan harga Rp90.330.000 OTR Jakarta, sama dengan versi sebelumnya. Honda Forza 250 facelift bersaing dengan Yamaha Xmax Connected, yang juga merupakan skutik besar premium dengan fitur konektivitas.

BACA JUGA  Cara Mengganti Lampu Depan Suzuki GW250

Also Read

Bagikan:

Avatar photo

Indra Yoga Mochamad

Indra Yoga Mochamad adalah seorang otomotif entusias. Dalam blognya, Indra berbagi pengetahuan mendalam tentang perawatan dan perbaikan kendaraan roda empat maupun roda dua. Ia memberikan tips tentang bagaimana merawat mesin, memilih suku cadang yang tepat, dan melakukan perawatan berkala untuk menjaga performa sepeda kendaraa tetap optimal. Rizky juga menyediakan panduan langkah-demi-langkah untuk perbaikan sederhana yang dapat dilakukan oleh pemilik sepeda kendaraan. Dengan penekanan pada keahlian teknis, Rizky bertujuan untuk membantu pembaca menjadi lebih mandiri dalam merawat sepeda kendaraan mereka sendiri.

Tags

Leave a Comment

Ads - Before Footer