Ads - After Header

Mengapa Suara Starter Mobil Anda Kasar?

Indra Yoga Mochamad

Ketika mobil Anda mengeluarkan suara kasar saat di-starter, ini bisa jadi pertanda adanya beberapa masalah. Berikut adalah beberapa penyebab umum yang dapat Anda periksa:

1. Kurangnya Pelumasan pada Motor Starter

Motor starter yang kurang pelumasan dapat menyebabkan pinion gear terlambat kembali ke posisinya, sehingga bergesekan dengan roda gila ketika mesin mulai berputar.

2. Drive Belt yang Kendor atau Rusak

Drive belt yang kendor, retak, atau aus juga bisa menjadi sumber suara kasar. Periksa fisik drive belt untuk melihat apakah ada retakan atau jika kekencangannya kurang.

3. Masalah pada Kompresor AC

Kompresor AC yang kekurangan oli atau terdapat kotoran yang menyumbat dapat menyebabkan suara kasar, terutama saat menginjak pedal gas.

4. Celah Katup Mesin yang Tidak Standar

Celah pada katup mesin yang terlalu rapat atau renggang dari ukuran standar dapat menimbulkan suara kasar pada mesin, terutama pada RPM rendah.

Solusi

  • Motor Starter: Dapat diservis dengan dibongkar, dibersihkan, dan dilumasi kembali.
  • Drive Belt: Jika retak, perlu diganti; jika kendor, dapat disetel ulang.
  • Kompresor AC: Periksa dan ganti oli kompresor AC jika perlu, dan bersihkan dari kotoran yang menyumbat.
  • Celah Katup Mesin: Sesuaikan celah katup mesin agar sesuai dengan ukuran standar yang direkomendasikan.

Dengan memeriksa dan mengatasi masalah-masalah ini, Anda dapat mengurangi atau menghilangkan suara kasar dari starter mobil Anda. Jika Anda tidak yakin dengan apa yang harus dilakukan, disarankan untuk berkonsultasi dengan mekanik profesional.

BACA JUGA  Kenapa Jual Mobil Butuh Faktur Asli?

Also Read

Bagikan:

Avatar photo

Indra Yoga Mochamad

Indra Yoga Mochamad adalah seorang otomotif entusias. Dalam blognya, Indra berbagi pengetahuan mendalam tentang perawatan dan perbaikan kendaraan roda empat maupun roda dua. Ia memberikan tips tentang bagaimana merawat mesin, memilih suku cadang yang tepat, dan melakukan perawatan berkala untuk menjaga performa sepeda kendaraa tetap optimal. Rizky juga menyediakan panduan langkah-demi-langkah untuk perbaikan sederhana yang dapat dilakukan oleh pemilik sepeda kendaraan. Dengan penekanan pada keahlian teknis, Rizky bertujuan untuk membantu pembaca menjadi lebih mandiri dalam merawat sepeda kendaraan mereka sendiri.

Tags

Leave a Comment

Ads - Before Footer