Ads - After Header

Penyebab dan Solusi Lampu Sein Mobil Tidak Menyala Saat Buka Lock Kunci

Tri Agus Prasetyo

Lampu sein mobil adalah salah satu komponen penting yang berfungsi sebagai alat komunikasi dengan pengendara lain di jalan. Lampu sein dapat memberikan sinyal atau tanda jika mobil akan berbelok, mendahului, atau berhenti. Namun, terkadang lampu sein mobil tidak menyala saat kita membuka lock kunci mobil. Apa penyebabnya dan bagaimana cara mengatasinya?

Penyebab Lampu Sein Mobil Tidak Menyala Saat Buka Lock Kunci

Ada beberapa kemungkinan penyebab lampu sein mobil tidak menyala saat kita membuka lock kunci mobil, di antaranya adalah:

  • Bohlam lampu sein putus. Ini adalah penyebab paling umum yang dapat kita cek dengan mudah. Jika bohlam lampu sein sudah putus, maka lampu sein tidak akan menyala sama sekali. Biasanya, kita juga akan melihat lampu sein di dashboard berkedip lebih cepat dari biasanya. Untuk mengatasi masalah ini, kita hanya perlu mengganti bohlam lampu sein dengan yang baru sesuai dengan tipe mobil kita.
  • Kabel sekring putus. Sekring adalah alat yang berfungsi sebagai pengaman arus listrik. Jika ada arus listrik yang berlebihan atau konslet, sekring akan putus untuk mencegah kerusakan lebih lanjut. Jika sekring yang berkaitan dengan lampu sein putus, maka lampu sein tidak akan mendapat aliran listrik dan tidak akan menyala. Untuk mengatasi masalah ini, kita perlu mencari sekring yang rusak dan menggantinya dengan yang baru.
  • Flasher sein mati. Flasher sein adalah komponen yang berfungsi sebagai saklar otomatis yang membuat lampu sein dapat menyala dan berkedip. Jika flasher sein mati atau rusak, maka lampu sein tidak akan berkedip atau bahkan tidak menyala sama sekali. Untuk mengatasi masalah ini, kita perlu memeriksa dan mengganti flasher sein dengan yang baru.
  • Aki mati atau soak. Aki adalah sumber daya listrik utama pada mobil. Jika aki mati atau soak, maka semua komponen yang membutuhkan listrik tidak akan berfungsi, termasuk lampu sein. Untuk mengatasi masalah ini, kita perlu mengisi atau mengganti aki dengan yang baru.
  • Sensor pintu mobil menyala terus. Sensor pintu mobil adalah alat yang mendeteksi apakah pintu mobil tertutup atau terbuka. Jika sensor pintu mobil menyala terus, maka lampu sein tidak akan menyala saat kita membuka lock kunci mobil. Hal ini bisa disebabkan karena adanya keausan pada bagian sensor di bawah pintu, atau letak pendorong lock yang tidak tepat. Untuk mengatasi masalah ini, kita perlu memeriksa dan mengatur ulang posisi pendorong lock pintu, atau mengganti sensor pintu yang rusak.
  • Kunci mobil rusak atau tidak terdeteksi oleh immobilizer. Immobilizer adalah sistem keamanan yang mencegah mobil dihidupkan oleh kunci yang tidak sesuai. Jika kunci mobil rusak atau tidak terdeteksi oleh immobilizer, maka lampu indikator kunci akan menyala dan lampu sein tidak akan menyala saat kita membuka lock kunci mobil. Hal ini bisa disebabkan karena baterai kunci lemah atau habis, atau chip immobilizer pada kunci tidak terbaca. Untuk mengatasi masalah ini, kita perlu mengganti baterai kunci, atau membawa kunci ke bengkel untuk diperbaiki atau diprogram ulang.
BACA JUGA  Motor Suzuki 400cc: Berita Terbaru dan Detail Lengkap

Solusi Lampu Sein Mobil Tidak Menyala Saat Buka Lock Kunci

Jika kita sudah mengetahui penyebab lampu sein mobil tidak menyala saat kita membuka lock kunci mobil, maka kita dapat mencari solusi yang sesuai. Berikut adalah beberapa langkah yang dapat kita lakukan untuk mengatasi masalah ini:

  • Periksa bohlam lampu sein. Buka kap lampu sein dan lihat apakah bohlam lampu sein masih utuh atau sudah putus. Jika sudah putus, maka ganti dengan bohlam yang baru sesuai dengan tipe mobil kita. Pastikan juga koneksi kabel pada bohlam lampu sein tidak longgar atau kendor.
  • Periksa kabel sekring. Buka kotak sekring yang biasanya terletak di bawah dashboard atau di ruang mesin. Cari sekring yang berkaitan dengan lampu sein dan lihat apakah sekring masih utuh atau sudah putus. Jika sudah putus, maka ganti dengan sekring yang baru sesuai dengan spesifikasi mobil kita. Pastikan juga koneksi kabel pada sekring tidak longgar atau kendor.
  • Periksa flasher sein. Buka kotak flasher sein yang biasanya terletak di bawah dashboard atau di ruang mesin. Cari flasher sein dan lihat apakah flasher sein masih berfungsi atau sudah mati. Jika sudah mati, maka ganti dengan flasher sein yang baru sesuai dengan spesifikasi mobil kita. Pastikan juga koneksi kabel pada flasher sein tidak longgar atau kendor.
  • Periksa aki. Buka kap mesin dan lihat kondisi aki. Jika aki terlihat kotor, bersihkan dengan air hangat dan sikat gigi. Jika aki terlihat kering, isi dengan air aki yang bersih. Jika aki terlihat soak, ganti dengan aki yang baru sesuai dengan spesifikasi mobil kita. Pastikan juga koneksi kabel pada aki tidak longgar atau kendor.
  • Periksa sensor pintu mobil. Buka pintu mobil dan lihat kondisi sensor pintu mobil yang terletak di bagian bawah pintu. Jika sensor pintu mobil terlihat aus, ganti dengan sensor pintu mobil yang baru sesuai dengan tipe mobil kita. Jika sensor pintu mobil terlihat normal, cek posisi pendorong lock pintu yang terletak di bagian atas pintu. Jika pendorong lock pintu terlihat tidak tepat, atur ulang posisinya dengan membuka dua buah baut 10 dengan obeng plus.
  • Periksa kunci mobil. Buka kunci mobil dan lihat kondisi baterai kunci. Jika baterai kunci terlihat lemah atau habis, ganti dengan baterai kunci yang baru sesuai dengan tipe kunci mobil kita. Jika baterai kunci terlihat normal, cek chip immobilizer pada kunci. Jika chip immobilizer terlihat rusak atau tidak terbaca, bawa kunci ke bengkel untuk diperbaiki atau diprogram ulang.
BACA JUGA  Kaca Film Mobil 500 Ribuan: Melindungi dan Mempercantik Kendaraan Anda

Also Read

Bagikan:

Avatar photo

Tri Agus Prasetyo

Tri Agus Prasetyo adalah seorang pehobi sepeda dan pecinta dunia otomotif yang memiliki perpaduan gaya unik. Melalui blognya, Tri berbagi inspirasi tentang gaya bersepdeda yang cocok untuk dikombinasikan dengan sepeda motor. Ia memberikan tips tentang cara tampil trendi dan tetap nyaman saat berkendara. Tri juga suka berbagi informasi tentang aksesori sepeda motor yang modis dan fungsional. Dengan kombinasi antara gaya dan kepraktisan, bahwa Triingin membantu pembaca mengekspresikan diri melalui gaya berkendara mereka.

Tags

Leave a Comment

Ads - Before Footer