Ads - After Header

Alasan Mengapa Harga Mobil Pajero Sport Lebih Mahal dari Toyota Fortuner

Tri Agus Prasetyo

Mobil Pajero Sport dan Toyota Fortuner merupakan dua jenis mobil dalam kelas sport utility vehicle (SUV) yang sering dibanding-bandingkan. Kedua mobil ini memiliki desain, spesifikasi, dan fitur yang hampir serupa, namun ada satu hal yang mencolok berbeda, yaitu harga. Mengapa harga mobil Pajero Sport lebih mahal dari Toyota Fortuner? Apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi perbedaan harga ini? Berikut adalah beberapa alasan yang bisa menjawab pertanyaan tersebut.

Desain Eksterior dan Interior

Salah satu alasan mengapa harga mobil Pajero Sport lebih mahal dari Toyota Fortuner adalah desain eksterior dan interior yang lebih segar dan modern. Mobil Pajero Sport memiliki lampu depan dan belakang yang lebih tajam dan futuristik, serta grille yang lebih besar dan berani. Mobil ini juga memiliki dimensi yang lebih panjang, lebar, dan tinggi dari Toyota Fortuner, sehingga memberikan kesan lebih gagah dan tangguh.

Di sisi lain, Toyota Fortuner memiliki desain eksterior yang tidak banyak berubah dari generasi sebelumnya, sehingga terlihat lebih konservatif dan klasik. Mobil ini juga memiliki dimensi yang lebih pendek, sempit, dan rendah dari Pajero Sport, sehingga memberikan kesan lebih kompak dan ringkas.

Untuk desain interior, Pajero Sport juga memiliki keunggulan dengan head unit yang telah terdigitalisasi, sehingga mampu memberikan informasi lebih komprehensif dalam bentuk tiga jenis display. Selain itu, Pajero Sport juga memiliki material kulit premium untuk bangku, setir, dan shift knob, serta fitur hiburan seperti roof monitor untuk penumpang di kabin belakang.

Toyota Fortuner, meskipun juga memiliki material kulit premium untuk interior, namun head unitnya masih menggunakan layar sentuh biasa, tanpa display digital. Fitur hiburan juga tidak sebanyak Pajero Sport, karena tidak ada roof monitor untuk penumpang di kabin belakang.

BACA JUGA  Gambar Motor Suzuki Skydrive

Mesin dan Performa

Alasan lain mengapa harga mobil Pajero Sport lebih mahal dari Toyota Fortuner adalah mesin dan performa yang lebih bertenaga dan responsif. Pajero Sport memiliki mesin diesel 4 silinder segaris dengan turbocharger, yang mampu menghasilkan tenaga maksimal 181 PS dan torsi maksimal 430 Nm. Mobil ini juga memiliki transmisi otomatis 8 percepatan, yang membuat akselerasi dan perpindahan gigi lebih halus dan cepat.

Toyota Fortuner, meskipun juga memiliki mesin diesel 4 silinder segaris dengan turbocharger, namun tenaga dan torsinya lebih rendah dari Pajero Sport, yaitu 149 PS dan 400 Nm. Mobil ini juga memiliki transmisi otomatis 6 percepatan, yang membuat akselerasi dan perpindahan gigi lebih lambat dan kasar.

Selain itu, Pajero Sport juga memiliki fitur Super Select 4WD-II, yang memungkinkan pengemudi untuk memilih mode penggerak roda sesuai dengan kondisi jalan, mulai dari 2H, 4H, 4HLc, hingga 4LLc. Fitur ini juga dilengkapi dengan Off-road Mode, yang memiliki empat pilihan, yaitu Gravel, Mud/Snow, Sand, dan Rock. Fitur ini membuat Pajero Sport lebih handal dan nyaman saat melibas medan off-road.

Toyota Fortuner, meskipun juga memiliki fitur 4WD, namun tidak sekompleks dan sefleksibel Pajero Sport. Fitur ini hanya memiliki tiga pilihan mode penggerak roda, yaitu 2H, 4H, dan 4L. Fitur ini juga tidak memiliki Off-road Mode, yang membuat Fortuner lebih terbatas dan kurang optimal saat melibas medan off-road.

Fitur Keselamatan dan Keamanan

Alasan terakhir mengapa harga mobil Pajero Sport lebih mahal dari Toyota Fortuner adalah fitur keselamatan dan keamanan yang lebih lengkap dan canggih. Pajero Sport memiliki fitur keselamatan dan keamanan yang disebut dengan Mitsubishi Motors Intuitive Technology (MiTEC), yang mencakup berbagai sistem, seperti Forward Collision Mitigation (FCM), Blind Spot Warning (BSW), Rear Cross Traffic Alert (RCTA), Ultrasonic Misacceleration Mitigation System (UMS), Hill Start Assist (HSA), Hill Descent Control (HDC), Active Stability Control (ASC), Traction Control System (TCS), Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brake-force Distribution (EBD), Brake Assist (BA), Brake Override System (BOS), dan lain-lain.

BACA JUGA  Tabel Ukuran Celah Klep Motor Suzuki

Toyota Fortuner, meskipun juga memiliki fitur keselamatan dan keamanan yang cukup banyak, namun tidak sebanyak dan secanggih Pajero Sport. Fitur keselamatan dan keamanan yang dimiliki Fortuner antara lain adalah Vehicle Stability Control (VSC), Traction Control (TRC), Hill-start Assist Control (HAC), Downhill Assist Control (DAC), Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brake-force Distribution (EBD), Brake Assist (BA), Emergency Brake Signal (EBS), dan lain-lain.

Kesimpulan

Dari beberapa alasan di atas, dapat disimpulkan bahwa harga mobil Pajero Sport lebih mahal dari Toyota Fortuner karena Pajero Sport memiliki desain eksterior dan interior yang lebih segar dan modern, mesin dan performa yang lebih bertenaga dan responsif, serta fitur keselamatan dan keamanan yang lebih lengkap dan canggih. Namun, harga yang lebih mahal juga sebanding dengan kualitas dan kepuasan yang ditawarkan oleh Pajero Sport. Oleh karena itu, bagi Anda yang mencari mobil SUV yang mewah, tangguh, dan handal, Pajero Sport bisa menjadi pilihan yang tepat.

Sumber informasi:

Mitsubishi Pajero Sport vs Toyota Fortuner – Mana Yang Lebih Baik?

Perbedaan Pajero Sport Vs Toyota Fortuner, Mana yang Lebih Bagus? – Lifepal

Pajero Sport VS Toyota Fortuner 2021, Mana yang Lebih Ramah Kantong?

Harga Pajero Vs Fortuner 2021 : Mitsubishi Pajero – Jago Bengkel

Perbandingan Harga Toyota Fortuner Versus Mitsubishi Pajero Sport

Also Read

Bagikan:

Avatar photo

Tri Agus Prasetyo

Tri Agus Prasetyo adalah seorang pehobi sepeda dan pecinta dunia otomotif yang memiliki perpaduan gaya unik. Melalui blognya, Tri berbagi inspirasi tentang gaya bersepdeda yang cocok untuk dikombinasikan dengan sepeda motor. Ia memberikan tips tentang cara tampil trendi dan tetap nyaman saat berkendara. Tri juga suka berbagi informasi tentang aksesori sepeda motor yang modis dan fungsional. Dengan kombinasi antara gaya dan kepraktisan, bahwa Triingin membantu pembaca mengekspresikan diri melalui gaya berkendara mereka.

Tags

Leave a Comment

Ads - Before Footer