Ads - After Header

Oli Gardan Mobil Xenia: Fungsi, Spesifikasi, dan Kapasitas

Indra Yoga Mochamad

Oli gardan adalah salah satu jenis pelumas yang digunakan pada sistem transmisi mobil. Oli gardan berfungsi untuk melumasi dan mendinginkan komponen-komponen di dalam gardan, seperti roda gigi, poros, dan bantalan. Oli gardan juga membantu mengurangi gesekan, keausan, dan kebisingan yang timbul akibat perputaran gardan.

Oli gardan memiliki spesifikasi yang berbeda dengan oli mesin atau oli transmisi. Oli gardan biasanya lebih kental dan memiliki tingkat viskositas yang lebih tinggi. Oli gardan juga harus memenuhi standar API (American Petroleum Institute) yang sesuai dengan tipe gardan mobil. Misalnya, untuk gardan mobil Xenia, oli gardan yang disarankan adalah Toyota Genuine Gear Oil (TGGO) yang memiliki spesifikasi SAE 80W90 API GL4 untuk transmisi manual dan SAE90 API GL5 untuk transmisi otomatis .

Kapasitas oli gardan mobil Xenia tergantung pada tipe mesin dan transmisi yang digunakan. Berdasarkan buku pedoman, volume oli gardan pada mobil Xenia 1000cc dan 1300cc adalah 2,5 liter, sedangkan pada mobil Xenia 1500cc adalah 3,5 liter . Interval penggantian oli gardan mobil Xenia juga bervariasi, namun rata-rata adalah setiap 40.000 km atau 3 kali ganti oli mesin .

Oli gardan mobil Xenia merupakan salah satu komponen penting yang perlu diperhatikan dan dirawat secara rutin. Oli gardan yang berkualitas dan sesuai dengan spesifikasi akan membantu menjaga kinerja dan keawetan gardan mobil Xenia. Oli gardan yang sudah kotor atau berkurang volumenya dapat menyebabkan kerusakan pada gardan, seperti kebocoran, overheat, atau bahkan patah. Oleh karena itu, sebaiknya selalu periksa kondisi dan level oli gardan mobil Xenia secara berkala dan ganti dengan oli gardan yang baru jika sudah waktunya.

BACA JUGA  Harga Mobil Land Cruiser FJ: Satu Karya Otomotif yang Mengagumkan!

Also Read

Bagikan:

Avatar photo

Indra Yoga Mochamad

Indra Yoga Mochamad adalah seorang otomotif entusias. Dalam blognya, Indra berbagi pengetahuan mendalam tentang perawatan dan perbaikan kendaraan roda empat maupun roda dua. Ia memberikan tips tentang bagaimana merawat mesin, memilih suku cadang yang tepat, dan melakukan perawatan berkala untuk menjaga performa sepeda kendaraa tetap optimal. Rizky juga menyediakan panduan langkah-demi-langkah untuk perbaikan sederhana yang dapat dilakukan oleh pemilik sepeda kendaraan. Dengan penekanan pada keahlian teknis, Rizky bertujuan untuk membantu pembaca menjadi lebih mandiri dalam merawat sepeda kendaraan mereka sendiri.

Tags

Leave a Comment

Ads - Before Footer