Ads - After Header

Cara Memulai Toyota Fortuner dengan Mudah dan Aman

Tri Agus Prasetyo

Toyota Fortuner adalah salah satu SUV terpopuler di Indonesia, dengan fitur-fitur canggih dan desain yang gagah. Namun, bagaimana cara memulai mobil ini dengan benar dan aman? Berikut adalah beberapa langkah yang perlu Anda ikuti:

  1. Pastikan Anda memiliki Smart Key di dalam mobil dan tuas transmisi dalam posisi PARK. Smart Key adalah kunci pintar yang dapat mengaktifkan dan mematikan mobil tanpa harus memasukkan kunci ke lubang kontak. Smart Key juga dapat membuka dan menutup pintu mobil secara otomatis dengan mendekatkannya ke pegangan pintu.
  2. Tekan pedal rem dengan kuat sambil menekan tombol ENGINE START/STOP. Tombol ini berada di sebelah kanan setir dan berwarna merah. Tombol ini akan menyala saat mobil siap dinyalakan. Jika tombol ini tidak menyala, cek apakah Smart Key berada di dalam mobil atau tidak.
  3. Setelah mobil menyala, lepaskan pedal rem dan pindahkan tuas transmisi ke posisi yang diinginkan. Anda dapat memilih antara R (mundur), N (netral), D (maju), atau S (sport). Jika Anda ingin mengaktifkan mode 4×4, Anda dapat memutar tuas selektor 4WD yang berada di sebelah kanan tuas transmisi. Anda dapat memilih antara H2 (dua roda penggerak), H4 (empat roda penggerak), atau L4 (empat roda penggerak dengan gigi rendah).
  4. Untuk mematikan mobil, kembalikan tuas transmisi ke posisi PARK, lalu tekan kembali tombol ENGINE START/STOP. Pastikan lampu indikator di dasbor sudah padam sebelum Anda meninggalkan mobil. Jangan lupa untuk membawa Smart Key bersama Anda.

Tips Tambahan

  • Jika baterai Smart Key habis, Anda masih dapat memulai mobil dengan cara menempelkan bagian belakang Smart Key ke tombol ENGINE START/STOP, lalu menekannya seperti biasa. Di dalam Smart Key, terdapat kunci darurat yang dapat Anda gunakan untuk membuka pintu mobil secara manual jika perlu.
  • Jika mobil tidak dapat dinyalakan dengan cara biasa, Anda dapat mencoba cara lain yang hanya berlaku untuk mobil dengan transmisi manual. Anda membutuhkan bantuan orang lain untuk mendorong mobil sambil Anda duduk di kursi pengemudi. Putar kunci kontak ke posisi START, lalu pindahkan tuas transmisi ke posisi kedua dan tekan kopling sepenuhnya. Mobil harus didorong secepat mungkin, lalu lepaskan kopling secara perlahan untuk menghidupkan mesin.
  • Jika Anda ingin menyalakan aksesori listrik tanpa menyalakan mesin, Anda dapat menekan tombol ENGINE START/STOP tanpa menekan pedal rem. Anda dapat menekan tombol ini beberapa kali untuk mengubah mode aksesori. Mode pertama adalah ACC (aksesori), mode kedua adalah ON (kontak), dan mode ketiga adalah OFF (mati).
BACA JUGA  Cara Menyambungkan Bluetooth ke Mobil Innova

Also Read

Bagikan:

Avatar photo

Tri Agus Prasetyo

Tri Agus Prasetyo adalah seorang pehobi sepeda dan pecinta dunia otomotif yang memiliki perpaduan gaya unik. Melalui blognya, Tri berbagi inspirasi tentang gaya bersepdeda yang cocok untuk dikombinasikan dengan sepeda motor. Ia memberikan tips tentang cara tampil trendi dan tetap nyaman saat berkendara. Tri juga suka berbagi informasi tentang aksesori sepeda motor yang modis dan fungsional. Dengan kombinasi antara gaya dan kepraktisan, bahwa Triingin membantu pembaca mengekspresikan diri melalui gaya berkendara mereka.

Tags

Leave a Comment

Ads - Before Footer